Pembelajaran Kolaborasi Mata Pelajaran , All in One Project


Di tengah kebijakan pemerintah yang masih memberlakukan Belajar dari Rumah, pada semester 2 ini kami harus terus berjuang mendampingi dan membimbing para peserta didik secara online / daring. Tantangan yang tidak mudah baik dari sisi peserta didik, dari sisi orang tua/wali, dan juga dari sisi pendidik.

Pembelajaran kolaborasi antar mata pelajaran diharapkan dapat memperingan tugas belajar peserta didik karena dengan membuat satu tugas proyek saja per pekan, peserta didik sudah mendapatkan nilai pada berbagai mata pelajaran. Pembelajaran kolaborasi menuntut komunikasi dan kerjasama yang solid antar pendidik dan kejelian menentukan kompetensi dasar esensi yang akan diikutsertakan dalam proyek tersebut.

Salah satu pembelajaran kolaborasi yang kami susun di kelas VII MTs untuk bulan Februari ini adalah proyek membuat model sel hewan atau tumbuhan. Proyek ini melibatkan mata pelajaran IPA, Matematika, IPS, PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TIK, dan Seni Budaya dan Ketrampilan.

Tahap pertama dalam proyek ini adalah literasi. Para peserta didik diberikan materi berupa buku paket mata pelajaran dengan format pdf. Di sisi lain, peserta didik diberikan panduan dan lembar kerja dengan format ppt. 

Tahap kedua dalam proyek ini adalah literasi tahap 2 yaitu memahami dan persiapan membuat model. Para peserta didik diberi contoh karya yang menunjukkan proses pembuatan model sel tumbuhan atau hewan, dan juga panduan  proyek dalam format ppt.

Tahap ketiga dalam proyek ini adalah pembuatan model dan persiapan presentasi karya. Peserta didik dibimbing untuk menentukan dan mengadakan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan model tersebut. Setelah dapat semua alat dan bahannya, peserta didik dibimbing untuk mulai membuat karyanya.

Dan tahap terakhir dalam proyek ini adalah presentasi secara online. Peserta didik dipersilakan membuat video live streaming atau video rekaman atau presentasi secara langsung di aplikasi zoom atau google meet. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama