Bagaimana Nasib Ekstrakurikuler di Masa PTMT?

Semangat pagi, para wargi hayubelajar.

Sejak pandemi Covid 19 melanda, peran Ekstrakurikuler yang merupakan bagian dari Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) seolah hidup enggan mati pun tak mau. 😅 Bahkan program OSIM pun tidak semarak seperti saat KBM normal dahulu. 

Kegiatan Ekstrakurikuler yang merupakan wadah bagi pada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya, masih sangat mengandalkan pertemuan tatap muka, berkumpul, dan berinteraksi sosial antara kakak kelas, adik kelas, pelatih dan pembina. Rasanya kurang mantap bila hanya melalui video conference semacam google meet atau zoom. Betul atau tidak?

Hari Kamis, 3 Februari 2022 adalah pertemuan awal sosialisasi kepengurusan Ekstrakurikuler di MTs Zakaria Kota Bandung. Pertemuan awal ini agendanya adalah latihan baris berbaris dan pengenalan pengurus dan anggota baru. Pembentukan kepengurusan ini sudah terbentuk di awal semester 1, tetapi baru dapat mulai diaktifkan di semester 2. 

Respon kelas 7 sebagai anggota baru Ekstrakurikuler sangatlah baik. Dengan mengenal kakak kelas 8 yang seminat dengannya, menumbuhkan kemauan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi secara nyata. Bukan hanya secara online via whatsapp atau media sosial lainnya.


Akankah ekstrakurikuler yang berjalan pada masa PTMT ini dapat bertransformasi menjadi ekstrakurikuler new normal ? 
Akankah ekstrakurikuler maupun program kesiswaan akan tetap diadakan dalam sistem pendidikan saat ini ?




Post a Comment

أحدث أقدم