Menulis Buku Mayor dalam Seminggu, Pasti Bisa !

Pertemuan ke 14 Rabu, 11 Agustus 2021 Kelas Belajar Menulis PGRI menghadirkan narasumber : Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit , M.Sc., MBA., Mphil., MA. dan Moderator : Mr. Bams dengan materi luar biasa berjudul : Menulis Buku Mayor dalam Seminggu. 
Profil Narasumber dapat dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Richardus_Eko_Indrajit

Beruntung sekali mendapatkan kesempatan bertemu via wag dengan narasumber tersebut. Tantangan luar biasa menulis buku mayor dalam seminggu. Tidak sabar sudah menyimak tip-tip nya.

Tersenyumlah barangkali lupa belum tersenyum
Ijin kepada pasangan mohon doanya malam ini menjadi titik awal menjadi penulis hebat
Siapkan minuman dan cemilan selama pelatihan berlangsung

Ternyata setiap menuliskan 25 kalimat, narsum akan menyetel musik dari Youtube. Sejak tanggal 16 Maret 2020 hari pertama belajar dari rumah, narsum menjadi Youtuber melalui EKOJI CHANNEL. Hingga hari ini sudah ada lebih dari 500 postingan video selama masa pandemi berlangsung.
Isinya tentang pendidikan dan teknologi informasi, sesuai keahlian beliau.

Ide untuk medongkrak kemampuan guru-guru PGRI dalam menulis adalah dari tantangan Om Jay. Teknisnya dengan menuliskan kata-kata apapun yang diucapkan oleh Narsum di youtube channelnya, kemudian menambahkan dengan kekayaan kata-kata lain. 

Trik mudah menulis buku ala Prof. R. Eko Indrajit adalah :

1. Membuat Table of Content sederhana, 
2. Kemudian mengembangkannya.

Contoh tentang tema GAMIFICATION, maka TOC nya adalah : 
Bab 1 Apakah Gamification itu?
Bab 2 Mengapa Gamification Penting?
Bab 3 Dimana Gamification dibutuhkan?
Bab 4 Kapan gamification dipergunakan?
Bab 5 Siapa yang menggunakannya?
Bab 6 Bagaimana cara menggunakannya?

Di tengah berlangsungnya pelatihan, narsum menawarkan bergabung ke dalam grup MERDEKA MENULIS. Saya beranikan diri untuk mendaftar, walaupun masih pemula dalam hal tulis menulis.

Ternyata dengan menuliskan pengalaman kita ke dalam blog, berarti kita telah membantu banyak orang belajar dari pengalaman kita. Sesimpel itu menulis. Cukup tuangkan pengalaman harian kita dalam tulisan.




 

16 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama