Perbaikan Jalan Sepanjang Jl. Cidurian

Sejak Jum'at, 4 Juni 2021, di sekitar Zakaria Education Center (ZEC) dilakukan proyek pembangunan jalan beton. Jalan di sisi sungai Cidurian ini  sejak lama digunakan oleh warga sekitar sebagai jalan alternatif menuju Jl. Cijawura Girang V atau Jl. Margaluyu. 

Pembangunan jalan ini dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : 

1. Perataan Permukaan Jalan

Pada tahapan awal ini, ruas jalan yang dibeton dibersihkan dari batu, kayu atau sampah. Setelah bersih, ruas jalan ini dipadatkan.

2. Pemberian Pondasi Beton

Proses berikutnya adalah memberikan urugan menggunakan batu makadam. Batu makadam yang digunakan pada umumnya lebih kecil daripada batu makadam yang digunakan untuk pondasi rumah.

Setelah batu makadam, lapisan berikutnya adalah lapisan sirdam yang terdiri dari kerikil dan pasir. Pada proses ini, jalan akan bertambah tinggi 30 cm - 60 cm setelah diberi lapisan urugan batu mukadam dan lapisan sirdam.

3. Landasan Cor Beton

Landasan Cor Beton ini yang dimaksudkan adalah pemasangan plastik yang dipasang terhampar membentang sepanjang ruas jalan. Hal ini untuk mencegah air dari cor beton meresap ke tanah sehingga hasil cor akan lebih kuat dan tahan lama

4. Memasang Kerangka Beton

Kerangka beton atau biasa disebut wiremesh dipasang untuk memberi batas jalan dan bentuk jalan.

5. Proses Pengecoran Beton

Proses berikutnya adalah menuangkan campuran cor beton (semen, pasir, air) ke dalam kerangka beton. Sebaiknya proses pengecoran beton dilakukan saat tengah hari atau musim kemarau agar cepat mengeras dan kering.

6. Proses Pemadatan Beton

Setelah cor an mengering, jalan beton belum dapat digunakan karena biasanya hasil cor an masih ada gundukan-gundukan. Perlu ada tahap pemadatan dan penghalusan jalanan, perlu diukur tingkat kekerasan jalan, dan perlu diguyur air selama 23 hari agar tidak terjadi dehidrasi di tiap lapisan cor. 

Demikian tahap pembuatan jalan beton yang dapat kami uraikan.

Bagi para warga pengguna jalan sepanjang Jl. Cidurian Selatan, khususnya warga sekolah MI, MTs, MA Zakaria, harap bersabar sampai selesainya semua tahap ini. 

Jalan beton ini mempunyai lebar 3,5 meter sehingga kurang cocok untuk jalur lalu lintas dua arah bagi mobil. Untuk kendaraan roda empat, lebih aman bila menggunakan jalur Jl. Cijawura Girang V saja karena lebih luas.





Post a Comment

أحدث أقدم