Sel Tumbuhan

 

Menurut teori sel, sel adalah satuan struktural, fungsional, dan hereditas yang terkecil dari suatu makhluk hidup. Sel sebagai satuan struktural yang terkecil dari suatu makhluk hidup berarti bahwa semua makhluk hidup tersusun dari sel.

Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dibedakan menjadi sel prokariotik dan sel eukariotik. Sel yang inti selnya tidak mempunyai membran inti sehingga bahan inti selnya menyebar di seluruh sitoplasma disebut sel prokariotik. Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang inti selnya mempunyai membran inti.

Pada sel tumbuhan, membran sel dilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat dari bahan selulosa. Dinding sel ini menyebabkan bentuk sel tumbuhan relatif tetap. Di dalam sitoplasma sel tumbuhan ditemukan kloroplas. Kloroplas adalah plastida yang mengandung butir-butir hijau daun (klorofil) yang berperan dalam proses fotosintesis. Pada sel tumbuhan, vakuola atau rongga sel lebih terlihat jelas. Vakuola terbentuk sebagai akibat pertumbuhan dan perkembangan dinding sel yang lebih cepat daripada pertumbuhan sitoplasma. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama