Biosfer, Bioma, dan Ekosistem.

Bumi kita adalah salah satu planet dalam tata surya yang memiliki karakteristik atmosfer, troposfer dan litosfer yang memungkinkan berbagai jenis makhluk hidup dapat hidup didalamnya. Dalam urutan organisasi kehidupan, planet sering juga disebut sebagai biosfer, menempati urutan tertinggi karena cakupannya paling luas.

Di planet Bumi ini, terdapat berbagai macam iklim dan karakteristik kehidupan di dalamnya. Misalnya gurun pasir yang kering dan terdapat makhluk hidup khas seperti kaktus, unta, atau kadal gurun. Atau daerah kutub Bumi yang bersuhu dingin, tertutup es dan salju dan sedikit tumbuhan di dalamnya. Juga ada hutan hujan tropis yang tinggi kelembabannya, dengan bermacam-macam hewan karnivora, herbivora, omnivora dan pepohonan yang tinggi menjulang. Gurun pasir, daerah kutub, dan hutan hujan tropis adalah contoh dari bioma yang ada dalam biosfer bumi. Bioma adalah wilayah luas yang dinamai dan dikategorikan berdasarkan iklim dan keanekaragaman makhluk hidupnya. Bioma merupakan organisasi kehidupan setelah biosfer. 

Ketika kita berjalan ke pegunungan, kita akan menemukan ekosistem hutan berupa pepohonan, bebatuan, sungai, hewan-hewan khas ekosistem hutan seperti kijang, burung-burung, bahkan harimau, dan suhu udara yang tentu saja berbeda dengan keadaan di ekosistem lainnya. Lain halnya ketika mengunjungi pantai, kita akan merelaksasi pandangan kita menuju ujung lautan, menikmati suara deburan ombak dan angin pantai, hewan-hewan khas pantai separti kerang, kepiting, udang, dan sebagainya.  Itulah contoh organisasi kehidupan pada level ekosistem.


Kehidupan merupakan anugerah dari sang Khalik. Kehidupan selalu terkait satu sama lainnya, dan tidak dapat berdiri sendiri. 

Ekosistem hutan hujan tropis di pulau Kalimantan, ekosistem hutan hujan tropis di pulau Sulawesi, ekosistem hutan hutan tropis di pulau Sumatra, tentu akan berpengaruh pada keseimbangan bioma hutan hujan tropis kepulauan di Nusantara.

bioma daerah hutan hujan tropis yang lembab dan dipenuhi pepohonan hijau menjulang, bioma daerah kutub Bumi yang beriklim dingin dan ditutupi gunung es dan salju , atau bioma gurun pasir yang kering, pasti mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan biosfer kita yaitu planet Bumi. 

Sudah selayaknya kita bersyukur dan merawat lingkungan kita, baik di level ekosistem, bioma, bahkan biosfer.


Post a Comment

أحدث أقدم